olahraga-pagi-640x362

Keuntungan Olahraga Pagi Pikiran Jernih dan Bakar Kalori Lebih Banyak

Kapan waktu terbaik untuk berolahraga sampai saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan pelaku fitnes. Sebagian orang menganggap olahraga di pagi hari lebih baik ketimbang sore atau malam hari. Sementara ada pula yang menilai siang atau sore lah waktu aktivitas fisik yang bisa memberi lebih banyak keuntungan.

Menurut sejumlah ahli, sebenarnya dilakukan kapan pun, olahraga tetap memiliki manfaat yang sama yaitu menjaga kebugaran tubuh, menjaga tubuh tetap ideal dan sebagai bagian dari proses penurunan berat badan. Kym Guelfi, seorang asisten profesor di University of Western Australia yang ahli di bidang kesehatan dan olahraga pun menyatakan kalau waktu tidak selalu menentukan efektivitas olahraga.

Masing-masing waktu olahraga ternyata memiliki keunggulannya tersendiri. Misalnya olahraga pagi berguna untuk mempercepat penurunan berat badan. “Bila Anda latihan di pagi hari sebelum makan, maka asam lemak di dalam tubuh akan bekerja lebih efektif. Pada dasarnya berarti Anda sudah membakar lebih banyak lemak,” ujar Kym, seperti dilansir ABC Australia.

Ini beberapa manfaat lain dengan melakukan olahraga di pagi hari, seperti dikutip dari All Women Stalk:

1. Metabolisme Meningkat
Sejumlah studi menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari. Maksimalkan peningkatan metabolisme Anda dengan weight training ketika latihan pagi. Angkat beban merupakan metode yang telah terbukti baik untuk metabolisme tubuh.

2. Pikiran Jernih
Saat bangun tidur, mungkin kegiatan yang paling terakhir melintas di otak Anda adalah olahraga. Tapi olahraga pagi justru bisa membuat pikiran jernih dan segar, Anda pun akan lebih terjaga dan bersemangat setelahnya. Latihan fisik jauh lebih efektif untuk menaikkan ketajaman indra daripada menekan tombol ‘snooze’ saat alarm di ponsel berbunyi.

3. Lebih Disiplin
Dengan berolahraga di pagi hari, kemungkinan Anda untuk disiplin dengan rutinitas latihan lebih besar. Ketika mematok jadwal olahraga di sore atau malam hari, biasanya ada saja gangguan yang membuat Anda punya sejuta alasan untuk ‘membolos’. Tapi jika di pagi hari sudah berolahraga, maka Anda bisa bebas melakukan apa saja setelah jam pulang kantor.

4. Mempercepat Pembakaran Kalori
Beberapa studi mengungkapkan, mereka yang olahraga di pagi hari membakar kalori lebih banyak dibandingkan sore atau malam hari. Alasannya, Anda cenderung menghabiskan waktu lebih lama dan punya lebih banyak energi, karena di pagi hari belum banyak tenaga yang terkuras. Sementara di akhir hari, biasanya Anda sudah memakai cukup banyak tenaga untuk bekerja dan beraktivitas sehingga energi yang tersisa tak sebanyak ketika bangun di pagi hari.

Penting diperhatikan, tips ini tidak sepenuhnya menyarankan Anda untuk memaksakan diri olahraga di pagi hari. Jika memang tidak sempat, latihan di sore atau malam hari pun tetap baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Namun jika punya banyak waktu luang di pagi hari, akan lebih baik jika Anda berolahraga setelah bangun tidur.

 

 

  • Name:Akasia OS
  • Address:Website saya :

    www.produkperawatan.org
    www.ordercoklatdach.com
    www.galerirahma.wordpress.com
  • Telephone:WhatsApp : 085321788290 (LINE/WhatsApp)
  • Email: maucantik@gmail.com